Benda Purbakala Abad X Ditemukan Warga Sukabumi

- 2 Desember 2019, 11:39 WIB
Pimpinan Musiun Prabu Siliwangi, Fajar Laksana didampingi warga Kampung Batu Asih, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, senin (212/2019) melakukan serangkaian ekpedisi dilokasi peninggalan kerajaan Sunda di Kecamatan Cibaadak.*

SUKABUMI (PR)- Warga di Kampung Batuasih, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin 2 Desember 2019 menemukan sejumlah benda purbakala. Benda yang diduga kuat peninggalan abad XI itu, ditemukan  tidak jauh dari pemukiman warga.

Peninggalan berbentuk kapak, prasasti dan batu ditemukan warga terbenam tanah saat warga melakukan proses penggalian.

Mereka tidak sengaja menemukan benda yang disebut-sebut peninggalan zaman Kerajaan Sunda semasa kepemimpinan raja ke 20, Sri Jaya Bupati  periode 1.030 sampai 1.042 masehi.

Baca Juga: Kondisi Memprihatinkan Bayi Tanpa Tempurung Kepala di Sukabumi

"Kami juga menemukan berbagai benda kuno dan situs-situs yang ada hubungannya dengan masa lalu Kerajaan Sunda,” kata warga Batu Asih, Cecep.

loading...

Cecep mengatakan memperkirakan masih banyak benda-benda bersejarah lainnya yang masih terkubur di dalam tanah. Benda-benda kuno akan terangkat ke permukaan dan dapat dilihat oleh masyarakat saat melakukan penggalian.

“Di Kampung Batuasih terindikasi masih banyak peninggalan bersejarah. Apalagi  banyak legenda dan situs-situs yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata. Salah satunya adalah keberadaan batu peti,” katanya.

Baca Juga: Pergerakan Tanah Sebabkan Rumah Rusak dan Ancam Keselamatan Warga Babakan Sirna

Cecep mengatakan keberadaan batu peti, telah menjadi legenda di Kampung Batuasih. Batu disebut-sebut merupakan tempat perkakas milik Raja Sri Jayabupati yang masih belum ditemukan warga.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X