Selasa, 25 Februari 2020

Pergerakan Tanah Sebabkan Rumah Rusak dan Ancam Keselamatan Warga Babakan Sirna

- 28 November 2019, 08:54 WIB
Petugas relawan tengah melakukan pendataan di Kampung Babakan Sirna, Rt. 03/06 Desa Limusnunggal, Kecamatan Bantargadung, Rabu 27 November 2019.*

PALABUHAN RATU (PR)- Belasan rumah di Kampung Babakan Sirna, Rt. 03/06 Desa Limusnunggal, Kecamatan  Bantargadung, Rabu 27 November 2019 mengalami kerusakan di bagian pondasi serta dinding.

Hal ini disebabkan oleh pergerakan tanah yang terjadi di kawasan itu, akibatnya 15 Kepala Keluarga (KK) atau 63 jiwa di wilayah tersebut terancam bahaya. Pasalnya, kerusakan yang telah terjadi bisa mengancam keselamatan jiwa warga tersebut.

Belum lagi saat ini musim hujan telah tiba di beberapa daerah, hal ini tentu akan semakin membahayakan keselamatan jika intensitas hujan sedang tinggi. Pergerakan tanah di wilayah itu akan semakin meningkat.

Baca Juga: Hujan Deras dan Angin Kencang Sebabkan Puluhan Rumah Warga Rusak

Dampak pergerakan tanah yang diduga dipicu musim kemarau dan saat hujan tanah permukaan  air memenuhi rongga sehingga terjadi rekahan menyebabkan warga diliputi kecemasan. 

Warga memastikan pergerakan tanah akan terus terjadi saat hujan deras mengguyur Sukabumi.

"Sebenarnya, pergerakan tanah sudah berlangsung lama, tapi puncak pergerakan tanah kini mencapai puncaknya. Sejumlah bangunan rumah warga rusak, karena pergerakan tanah merusak pondasi dan dinding bangunan mengalani retakan," kata warga Kampung Babakan Sirna, Oman.

Baca Juga: Kecelakaan Laut, Nelayan Ditemukam Tewas Terapung

Kendati kerugian pergerakan tanah masih belum diketahui, kata Oman, tapi warga tudak hanya harus memperbaiki. Tapi bila masih terjadi pergerakan tanah, pergerakan tanah dapat merobohkan bangunan rumah," katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X